interpretasi, Perekaman atau Penginderaan dengan Foto Udara


Di dalam penginderaan jauh,sensor merekam tenaga yang dipantulkan atau dipancarkan oleh objek di permukaan bumi. Rekaman tenaga tersebut setelah diproses membuahkan data penginderaan jauh. Data penginderaan jauh dapat berupa data digital atau data numerik untuk dianalisis dengan menggunakan komputer. Data juga dapat berupa data visual yang pada umumnya dianalisis secara manual. Data visual dapat dibedakan atas data citra dan data non citra. Data citra berupa gambaran yang mirip wujud aslinya atau paling tidak berupa gambaran planimetrik. Data non citra pada umumnya berupa garis atau grafik.
Citra foto dapat dibedakan atas beberapa dasar, yaitu berdasarkan atas : (1) spektrum elektromagnetik, (2) sumbu kamera, (3) jenis kamera, (4) warna yang digunakan, dan (5) sistem wahana penginderaannya.
Foto udara berisi rekaman rinci tentang kenampakan bumi pada saat pemotretan. Foto udara digunakan untuk memdeteksi suatu objek atau tempat. Salah satu citra foto udara yang digunakan yaitu foto pankromatik berwarna yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan seluruh spektrum tampak. Pemanfaatan foto udara pankromatik berwarna antara lain :
1.      Dalam bidang penggunaan lahan : kondisi tanaman dan jenis pohon.
2.      Dalam bidang ekologi : pencacahan hewan dan  perbedaan jenis kelamin.
3.      Dalam bidang pertanian / kehutanan : jenis tanah dan pemetaan vegetasi.
4.      Dalam bidang geologi : pemetaan geologi dan mendeteksi lokasi anomali geobotani.
5.      Dalam bidang hidrologi : garis batas daratan dan air, pemetaan daerah banjir.
6.      Dalam bidang oseanografi : penentuan garis pantai dan pendugaan kedalaman air.
7.      Dalam bidang kekotaan : wujud bangunan, taman kota dan  lapangan olah raga.


Perencanaan pemetaan wilayah pertanian memerlukan perolehan data yang berkesinambungan untuk merumuskan program dan kebijaksanaan pemerintah. Program dan kebijaksanaan pemerintah meliputi seluruh bidang baik sosial, ekonomi maupun kebudayaan hingga pada permasalahan lingkungan dan perencanaan sumber daya alam.
Semakin kompleksnya peranan dalam perencanaan disertai semakin luasnya kisaran aktivitas pembangunan mengakibatkan suatu peningkatan kebutuhan bagi pemerintah untuk memiliki berbagai bentuk sumber daya yang lengkap yang menjamin untuk kelangsungan di masa yang akan datang. Beberapa macam data yang diperlukan dapat diperoleh dari interpretasi foto udara. Penggunaan interpretasi foto udara ini meliputi kisaran penaksiran penduduk, kajian kualitas perumahan, kajian lalu lintas dan tempat parkir, kajian pemilihan lokasi / lahan pertanian, dan proses pemilihan situs dan arus jalur.
Penaksiran jenis tanah dapat dilakukan melalui interpretasi foto udara secara tidak langsung. Ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan foto udara berskala sedang hingga berskala besar untuk memperkirakan tingkat kesuburan tanah pada daerah tersebut sehingga dapat dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang berbeda. Dari pendataan vegetasi ini dapat ditentukan wilayah yang cocok untuk pertanian dengan tingkat kesuburan tanah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "interpretasi, Perekaman atau Penginderaan dengan Foto Udara"

Post a Comment