Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam

Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam
            Pengetahuan  adalah segala sesuatu yang diketahui oleh seseorang, tanpa menghiraukan benar dan salahnya, serta dari mana datangnya. Manusia memperoleh pengetahuan dari berbagai sumber, dengan sumber utama adalah panca indera. Menurut Hendro Darmodjo (1986), bahwa pengetahuan yang diperoleh melalui panca indera, dan bersumber dari lingkungan alam yang konkret memiliki sifat yang faktual.
            Sumber pengetahuan lain yang tidak kalah pentingnya adalah pikiran. Hal ini dimaksudkan karena melalui proses berpikir orang dapat memperoleh pengetahuan yang hampir tak terbatas jumlahnya, yaitu sebatas kemampuan orang berpikir, terlepas dari benar atau salahnya pemikiran itu. Sebagai contoh : pada zaman Babylonia (kira-kira 650 SM) orang berpikir bahwa bumi itu datar. Mempunyai atap yang berbentuk selungkup berhias bintang-bintang. Jadi terlepas benar atau salah, itulah pengetahuan yang dianggap benar pada masa itu. Pada zaman Yunani, Aristoteles (348-322 SM) memberikan kesimpulan bahwa unsur dasar pembentuk segala zat terdiri atas empat yaitu : tanah, air, udara dan api.

6
 
            Hasil olah pikir manusia menghasilkan berbagai bentuk. Ada yang disebut mitos, yaitu gabungan antara pemikiran, pengalaman dan kepercayaan. Ada yang disebut filsafat, yaitu hasil pemikiran mendalam mengenai suatu hal dengan mengandaikan pikiran semata. Ada yang disebut ilmu, yaitu hasil pemikiran yang telah diuji kebenarannya. 
Ilmu pengetahuan merupakan bagian dari pengetahuan, dan secara singkat dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang telah diuji kebenarannya. Jadi perbedaan mendasar antara pengetahuan dan ilmu pengetahuan adalah pengetahuan adalah semua yang diketahui tanpa menghiraukan benar dan salahnya, sedangkan ilmu pengetahuan terbatas pada yang benar saja.
Dari uraian di atas, dapat diperoleh pemahaman mengenai pengetahuan dan ilmu pengetahuan bahwa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu pengetahuan yang objeknya adalah alam dengan segala isinya yang berupa benda konkret. Di negara kita, kata Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diidentikkan dengan kata “sains” yang merupakan terjemahan dari “science”. Namun demikian, berbagai batasan tentang IPA yang dikemukakan oleh para ilmuwan yang intinya menunjukkan bahwa science is away of looking at the world.
untuk lebih lengkap silahkan download file nya di SINI atau
DOWNLOAD
semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam"

Post a Comment