STUD1 EKSPLORASI GAYA PIIUR SISWA SMP TIPE FI-FD DIUITDKENAGANN K EMAMPUAN MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract: This study aims at describing the profile of SMP students' thinking style based upon two cognitive styles: field independent (FI) and field dependent (FD), in relation to their achieven~ent in solving the system of linear equation with two variables. The findings show that. (I) field dependent students generally think with concrete sequential style, while the field independent ones use random-abstract thinking style; (2) the thinking stjjle offield dependent students has negative influence toward learning achievernent, while that of the field independent has positive one; and (3) the achievement of field independent students is better than that of the field dependent. Therefore, it is suggested that, in lear7irrig mathematics, the interaction between those two kinds of students be optimized; that the learning process involve students' real world and start from realistic events and move to abstract things because most students still implemertt thinking styles of concrete sequential and random abstract.
Sudah banyakpendapat yang dikemukakan oiehbehagaipihakyang menyatakan bahwa banyak siswii yangmengalami kesulitan belajar matemabka, yang ditandai dengan rendahnya prestasi belajar siswa padabidang studi tersebut. Oleh karena itu, peningkatan mutupendidikan matematika selalu rtlenjadi topik menadcuntukdidiskusikan. Berbagai updya telah dilakukan untuk mengatasi kesulitan befajar matematika tersebut, bahkan masih tens diupayakan.
Upaya itu dilakukan antara lain dengan memperhatik~pe nyebab kesulitan tersebut, baik yang bersumber dari diri siswa sendiri maupun yang bers~mbedr ati luar diri siswa. Matematika sebagai salah satu sarana berpikir ilmiah sangat diperlukan untuk menumbuh-kembangkan kemampuan betpikir
logis, sistematis dan kritis. ~emikian~ulamatematika telah menunjukkan kekuatannya dengan adanya ~ e n e r a ~ma ant ematika pada bidang-bidang lain clan pada kehidupan sehari-hari. Menurut Hudoyo (1988) bahwa setiap teori matematika hams memverhitungkan kekuatan matematika yaitu penerapkyapa& bidang-bidang lain. Dalam kurikulum matematika 2004 (Depdiknas, 2003), dikemukakan bahwa tujaan umum vendidikan matematika di SMP ditekankan kepada siswauntukmemiliki: (1) kemampuan yang berkaitan dengan matematika yang dapat digunak~ dalarn memecahkan masalah niatematika,pelajaran lain, ataupun masalah yang berkaitan dengan
Sudah banyakpendapat yang dikemukakan oiehbehagaipihakyang menyatakan bahwa banyak siswii yangmengalami kesulitan belajar matemabka, yang ditandai dengan rendahnya prestasi belajar siswa padabidang studi tersebut. Oleh karena itu, peningkatan mutupendidikan matematika selalu rtlenjadi topik menadcuntukdidiskusikan. Berbagai updya telah dilakukan untuk mengatasi kesulitan befajar matematika tersebut, bahkan masih tens diupayakan.
Upaya itu dilakukan antara lain dengan memperhatik~pe nyebab kesulitan tersebut, baik yang bersumber dari diri siswa sendiri maupun yang bers~mbedr ati luar diri siswa. Matematika sebagai salah satu sarana berpikir ilmiah sangat diperlukan untuk menumbuh-kembangkan kemampuan betpikir
logis, sistematis dan kritis. ~emikian~ulamatematika telah menunjukkan kekuatannya dengan adanya ~ e n e r a ~ma ant ematika pada bidang-bidang lain clan pada kehidupan sehari-hari. Menurut Hudoyo (1988) bahwa setiap teori matematika hams memverhitungkan kekuatan matematika yaitu penerapkyapa& bidang-bidang lain. Dalam kurikulum matematika 2004 (Depdiknas, 2003), dikemukakan bahwa tujaan umum vendidikan matematika di SMP ditekankan kepada siswauntukmemiliki: (1) kemampuan yang berkaitan dengan matematika yang dapat digunak~ dalarn memecahkan masalah niatematika,pelajaran lain, ataupun masalah yang berkaitan dengan
0 Response to "STUD1 EKSPLORASI GAYA PIIUR SISWA SMP TIPE FI-FD DIUITDKENAGANN K EMAMPUAN MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL"
Post a Comment