TRANSPORTASI PEMBAWA MUATAN

Pada bab sebelumnya telah dibahas kondisi semikonduktor dalam keadaan kesetimbangan dan telah ditentukan konsentrasi elektron pada pita konduksi dan lubang pada pita valensi. Pengetahuan tentang kerapatan pembawa muatan adalah sangat penting untuk memahami sifat kelistrikan bahan semikonduktor. Proses dimana partikel pembawa muatan bergerak disebut “transportasi”. Dalam bab ini akan dibahas dua mekanisme aliran muatan, yaitu drift (aliran akibat adanya medan listrik) dan difusion (aliran akibat perbedaan konsentrasi).
Rata-rata kecepatan drift pembawa muatan akibat medan listrik dinyatakan dengan suatu parameter disebut mobilitas. Gerakan elektron dan lubang dalam semikonduktor dipengaruhi oleh adanya tumbukan dengan atom-atom penyusun semikonduktor dan dengan atom-atom pengotor (impuritas) yang terionisasi.
Difusi merupakan proses aliran partikel dari daerah dengan konsentrasi tinggi ke daerah dengan konsentrasi rendah. Jika partikel tersebut bermuatan, seperti lubang dan elektron, maka difusi partikel akan memberikan arus difusi. Rapat arus difusi ditentukan oleh besarnya gradien konsentrasi pembawa muatan, dinyatakan dengan suatu parameter disebut koefisien difusi.

5.1 Arus Drift
Jika suatu medan listrik dikenakan pada suatu semikonduktor maka akan menghasilkan gaya pada elektron dan lubang sehingga pembawa muatan tersebut akan mengalami percepatan dan gerakan. Gerakan akibat medan listrik disebut drift.
5.1.1 Rapat Arus Drift.
Jika kita memiliki muatan volume positif dengan kerapatan ρ, bergerak dengan kecepatan drift vd , maka rapat arus drift diberikan oleh

posting diatas hanya sebagian untuk lebih lengkapnya
silahkan download saja filenya di SINI atau
DOWNLOAD

NOTE ;setelah anda klik link download tunggu sampai muncul
SKIP ADD, dan klik SKIP ADD

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TRANSPORTASI PEMBAWA MUATAN"

Post a Comment