Pemanfaatan Foto Udara Pankromatik Hitam Putih Untuk Mendeteksi Hutan Mangrove Dikawasan Pantai Sinjai Utara


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang.
Kawasan pantai merupakan suatu kawasan yang indah dengan pemandangan yang mempesona, misalnya garis batas pandang dengan tenggelamnya matahari diwaktu senja. Namun jarang sekali orang-orang memperhatikan tumbuh-tunbuhan disekitar pantai, yang dari jauh hnya merupakan semakbelukar.  Kawasan pantai yang ditumbuhi jenid tumbuhan tersebut dikenal sebagai hutan mangrove. Kawasan mangrove sebenarnya mempunyai peran yang sangat penting bagi manusia dan hewan yang hidup di dalamnya atau disekitarnya, bahkan makhluk hidup yang hanya tinggal untuk sementara waktu.
Hutan mangrove seringkali juga disebut hutan pantai, hutan pasang surut, hutan payau atau hutan bakau. Akan tetapi, istilah bakau sebenarnya hanya merupakan istilah dari salah atu jenis tumbuhan yang menyusun hutan mangrove.Hutan-hutan mangrove di Indonesia bahkan ikut menentukan iklim dunia bila ditinjau dari segi letaknya yaitu di daerah Ekuator (Dephut, 1997).
Pemerintah menegaskan bahwa pembangunan memerlukan sumber daya alam dan modal. Salah satu sumber daya alam yang dimiliki dan besar potensinya adalah hutan. Hutan ini juga berperan besar dalam membersihkan udara dan menguurangi panas bumi. Oleh karena itu, jika hutan-hutan kita rusak, maka hutan tidak akan berperan bagi penyimpan, pengatur, dan sumber air. Jika hal tersebut terjadi, maka  manusia akan mengalami kerugian dan penderitaan. Pada musim hujan akan terjadi banjir yang akan melanda kemana-mana dan pada musim kemarau manusia akan menderita karena kekeringan kekurangan air. Oleh karena itu, maka pemerintah berketepatan hati untuk menjaga kelestaria kita (Bakosurtanal, 1994).
Mengingat  hutan di Kecamatan Sinjai Utara merupakan hutan mangrove yang harus dijaga keberadaanya karena mempunyai fungsi yang sangat penting bagi lingkungan hidup, maka pemerintah belum memonitor secara periodik dengan menggunakan data penginderaan jauh, dapat diperoleh informasi ada dan tidaknya perubahan luas areal  hutan mangrove secara cepat, tepat dan periodik.
B.     Rumusan Masalah
Pada penelitian ini dikemukakan rumusan masalah adalah seberapa besar perubahan luas areal hutan mangrove dengan menggunakan foto udara Pankromatik Hitam Putih pada tahun 1997, dengan hutan mangrove berdasarkan peta kawasan hutan 2002.
C.    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi perubahan luas areal hutan mangrove mengunakan foto udara pankromatik Hitam Putih pada tahun 1997 dengan hutan mangrove berdasarkan peta kawasan hutan 2002.


D.    Manfaat Penelitian.
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah Sebagai bahan informasi bagi masyarakat Kebupaten Sinjai mengenai perubahan luas areal hutan mangrove.
BAB II

KAJIAN PUSTAKA

A.    Letak/Lokasi
Kabupaten sinjai jika kita lihat wilayah geografis yang berada pada 05019’50”LS - 05036”47”LS dan antara 119048”30”BT – 1200100BT. Secara geografis daerah penelitian ini memiliki batas-batas wilayah. Sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Bone, sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Bulukumba, sebelah timur berbatasan dengan teluk Bone, dan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Gowa.
Dusun larea-yang merupakan bagian dari kota lappa, berbatasan dengan Selat Makassar pada sebelah timur, sebelah barat berbatasan langsung dengan Balangnipa, sebelah utara berbatasan dengan Salomekko (Bone) dan sebelah selatan Mangarabombang.
B.     Citra
Apabila kita melihat foto udara, kita nelihat berbagai objek yang ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Beberapa objek tersebut mungkin dapat dikenali secara langsung tetapi mungkin yang lain tidak dapat dikenali, tergantung pada persepsi dan pengalaman individual kita. Apabila kita dapat mengenali pada foto dan menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain, maka kitas sedang berlatih interpretasi foto udara.
UNTUK LEBIH JELASNYA DAN LEBIH LENGKAP SILHKAN DOWNLOAD FILE DI BAWAH INI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan Foto Udara Pankromatik Hitam Putih Untuk Mendeteksi Hutan Mangrove Dikawasan Pantai Sinjai Utara"

Post a Comment