gaya berpikir
Subyek: | FIELD DEPENDENT |
Kata Kunci: | Gaya Berpikir Field Dependent Field Independent Sistem Persamaan Linear Sekuensial Kongkret Acak Abstrak |
[ Anotasi Abstrak ]
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan profil gaya berpikir siswa SMP, dalam kaitannya dengan prestasi belajar matematika, yang dapat digunakan sebagai suatu pertimbangan bagi guru dalam melayani membimbing siswa berdasarkan gaya individual dalam belajar matematika. Penelitian ini juga dapat menjadi umpan balik dalam menilai apakah pengajaran yang selama ini terlaksana sebagai masukan instrumental memberikan dampak berarti bagi pengembangan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: ( I ) siswa dengan gaya belajar Field Dependent (FD) pada umumnya berpikir sekuensial konkret, sedangkan siswa Field Independent (FI) berpikir acak abstrak; (2) gaya berpikir mempunyai pengartian terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP; dan (3) prestasi belajar matematika siswa F1 lebih baik jika dibandingkan sislva FD. Sebagai implikasi yang diperoleh dari hasil penelitian ini, disarankan agar dalam pembelajaran matematika dioptimalkan interaksi antara siswa FI dan FD, dan memberikan pembelajaran yang banyak berkaitan dengan dunia nyata siswa. Pembelajaran hendaknya dimulai dari ha1 yang realislik bagi siswa ke ha1 yang abstrak, karena cara siswa SMP berpikir masih didominasi sekuensial konkret dan acak abstrak.
0 Response to "gaya berpikir"
Post a Comment